Modul Ajar Ekspresi dan Operasi Logika
Identitas Penulis/Guru:
Kompetensi Awal:
- Peserta didik mampu memahami konsep ekspresi aritmatika
- Peserta didik mampu menggunakan operator aritmatika untuk menyelesaikan masalah
- Peserta didik mampu memahami konsep tipe data boolean
Profil Pelajar Pancasila:
- Bernalar Kritis
- Kreatif
- Bergotong Royong
Sarana dan Prasarana:
- Laptop
- Proyektor
- Papan tulis
- Spidol
- Lembar kerja
Target Peserta Didik:
- Peserta didik kelas 9 SMP Negeri XX
Model Pembelajaran yang Digunakan:
- Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Tujuan Pembelajaran:
- Memahami konsep ekspresi dan operasi logika
- Mampu menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah
- Memahami representasi data boolean dengan warna hitam dan putih
- Mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan pemikiran logis dan kreatif
- Mampu bekerja sama dalam tim
Asesmen:
- Observasi
- Keaktifan
- Hasil diskusi
- Presentasi
Pemahaman Bermakna:
- Peserta didik mampu menjelaskan konsep ekspresi dan operasi logika dengan bahasa mereka sendiri
- Peserta didik mampu menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas
Materi/Bahan Ajar:
- Ekspresi dan operasi logika:
- Ekspresi logika adalah kombinasi dari operand (nilai boolean) dan operator logika.
- Operator logika yang umum digunakan adalah AND, OR, dan NOT.
- Tipe data boolean adalah tipe data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu true (benar) dan false (salah).
- Representasi data boolean dengan warna hitam dan putih:
- Warna hitam dapat direpresentasikan sebagai nilai true.
- Warna putih dapat direpresentasikan sebagai nilai false.
Pertanyaan Pemantik:
- Apa yang dimaksud dengan ekspresi logika?
- Apa saja operator logika yang umum digunakan?
- Bagaimana cara menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah?
- Bagaimana cara merepresentasikan data boolean dengan warna hitam dan putih?
Kegiatan Pembelajaran:
1. Pendahuluan (10 menit)
- Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kesiapan belajar
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk mengantarkan materi
- Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (70 menit)
- Langkah 1 (15 menit)
- Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
- Setiap kelompok diberikan sebuah proyek untuk diselesaikan
- Proyek tersebut harus menggunakan konsep ekspresi dan operasi logika
- Langkah 2 (30 menit)
- Setiap kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan proyek
- Guru berkeliling untuk memantau dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
- Langkah 3 (20 menit)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil proyeknya
- Kelompok lain memberikan masukan dan saran
3. Penutup (10 menit)
- Guru memberikan kesimpulan materi
- Guru memberikan refleksi pembelajaran
- Guru memberikan pengumuman pembelajaran selanjutnya
Refleksi Peserta Didik dan Pendidik:
- Peserta didik menuliskan refleksi mereka tentang materi yang telah dipelajari
- Guru menuliskan refleksi mereka tentang proses pembelajaran
Lembar Kerja Ekspresi dan Operasi Logika
Nama Kelompok:
Anggota Kelompok:
Proyek:
Tujuan:
Langkah-langkah:
- Brainstorming:
- Diskusikan dengan anggota kelompok tentang proyek yang diberikan.
- Tuliskan ide-ide kalian di papan tulis.
- Perencanaan:
- Bagilah tugas kepada anggota kelompok.
- Buatlah timeline untuk menyelesaikan proyek.
- Pengembangan:
- Lakukan riset untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.
- Gunakan informasi yang diperoleh untuk menyelesaikan proyek.
- Presentasi:
- Siapkan presentasi untuk mempresentasikan hasil proyek.
- Pastikan presentasi kalian menarik dan informatif.
Rubrik Penilaian:
Kriteria | Skala Likert | Deskripsi |
---|---|---|
Kemampuan menjelaskan konsep | 1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik) | - Kemampuan menjelaskan konsep ekspresi dan operasi logika dengan bahasa yang mudah dimengerti. |
Kemampuan menggunakan operator logika | 1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik) | - Kemampuan menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah. |
Kemampuan bekerja sama | 1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik) | - Kemampuan bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas. |
Kreativitas | 1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik) | - Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan proyek. |
Kualitas presentasi | 1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik) | - Kemampuan untuk mempresentasikan hasil proyek dengan menarik dan informatif. |
Catatan:
- Lembar kerja ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
- Guru dapat menambahkan kolom penilaian lain yang dianggap perlu.
Contoh LKPD
Proyek:
- Merancang dan mengembangkan sebuah permainan edukatif yang mengaplikasikan konsep ekspresi dan operasi logika. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan aturan yang jelas dan mudah dipahami.
Langkah-langkah:
- Brainstorming:
- Melakukan curah pendapat untuk menghasilkan ide-ide kreatif terkait permainan. Beberapa contoh ide permainan:
- Permainan tebak-tebakan logis: Pemain mengajukan pertanyaan yang jawabannya hanya "ya" atau "tidak", berdasarkan operasi logika.
- Permainan kartu logika: Pemain menggunakan kartu dengan simbol operator logika untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
- Permainan papan logika: Pemain bergerak di papan permainan berdasarkan hasil operasi logika yang dilakukan.
- Memilih ide permainan yang paling menarik, inovatif, dan edukatif.
- Perencanaan:
- Membagi tugas kepada anggota kelompok secara efektif:
- Desainer: Merancang tampilan dan estetika permainan.
- Pengembang aturan: Menyusun aturan permainan yang logis dan konsisten.
- Pembuat alat peraga: Mewujudkan desain permainan menjadi bentuk fisik yang menarik.
- Membuat timeline yang realistis dan terstruktur untuk menyelesaikan proyek dengan efisien.
- Pengembangan:
- Melakukan riset dan pengumpulan informasi terkait konsep ekspresi dan operasi logika untuk memastikan akurasi dan edukasi dalam permainan.
- Mengembangkan permainan berdasarkan ide yang telah dipilih dengan memperhatikan aspek edukasi, estetika, dan fungsionalitas.
- Melakukan pengujian dan penyempurnaan permainan untuk memastikan kelancaran dan keseruan dalam bermain.
- Presentasi:
- Menyiapkan presentasi yang informatif dan menarik untuk mempresentasikan hasil proyek.
- Menjelaskan konsep ekspresi dan operasi logika yang terintegrasi dalam permainan.
- Mendemonstrasikan cara bermain permainan dengan jelas dan sistematis.
Pengayaan dan Remedial:
- Pengayaan:
- Peserta didik diberikan tugas tambahan untuk mempelajari lebih lanjut tentang ekspresi dan operasi logika
- Remedial:
- Peserta didik yang belum memahami materi diberikan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran remedial
Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta Didik:
- https://sumberbelajar.seamolec.org/Media/Dokumen/59bf7c3a865eacdd3be3cd28/563761b2140ac1f08875c15d52880cbb.pdf
- https://m.youtube.com/watch?v=rTP_3xy9Rn0
Glosarium:
- Ekspresi logika: Kombinasi dari operand (nilai boolean) dan operator logika.
- Operator logika: Simbol yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih operand boolean.
- Tipe data boolean: Tipe data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu true (benar) dan false (salah).
Daftar Pustaka:
0 Comments
Posting Komentar