Modul Ajar Ekspresi dan Operasi Logika

Identitas Penulis/Guru:

  • Nama: Prama
  • Mata Pelajaran: Informatika
  • Kelas: SMP Negeri XX

Kompetensi Awal:

  • Peserta didik mampu memahami konsep ekspresi aritmatika
  • Peserta didik mampu menggunakan operator aritmatika untuk menyelesaikan masalah
  • Peserta didik mampu memahami konsep tipe data boolean

Profil Pelajar Pancasila:

  • Bernalar Kritis
  • Kreatif
  • Bergotong Royong

Sarana dan Prasarana:

  • Laptop
  • Proyektor
  • Papan tulis
  • Spidol
  • Lembar kerja

Target Peserta Didik:

  • Peserta didik kelas 9 SMP Negeri XX

Model Pembelajaran yang Digunakan:

  • Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Tujuan Pembelajaran:

  • Memahami konsep ekspresi dan operasi logika
  • Mampu menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah
  • Memahami representasi data boolean dengan warna hitam dan putih
  • Mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan pemikiran logis dan kreatif
  • Mampu bekerja sama dalam tim

Asesmen:

  • Observasi
  • Keaktifan
  • Hasil diskusi
  • Presentasi

Pemahaman Bermakna:

  • Peserta didik mampu menjelaskan konsep ekspresi dan operasi logika dengan bahasa mereka sendiri
  • Peserta didik mampu menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
  • Peserta didik mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas

Materi/Bahan Ajar:

  • Ekspresi dan operasi logika:
    • Ekspresi logika adalah kombinasi dari operand (nilai boolean) dan operator logika.
    • Operator logika yang umum digunakan adalah AND, OR, dan NOT.
    • Tipe data boolean adalah tipe data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu true (benar) dan false (salah).
  • Representasi data boolean dengan warna hitam dan putih:
    • Warna hitam dapat direpresentasikan sebagai nilai true.
    • Warna putih dapat direpresentasikan sebagai nilai false.

Pertanyaan Pemantik:

  • Apa yang dimaksud dengan ekspresi logika?
  • Apa saja operator logika yang umum digunakan?
  • Bagaimana cara menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah?
  • Bagaimana cara merepresentasikan data boolean dengan warna hitam dan putih?

Kegiatan Pembelajaran:

1. Pendahuluan (10 menit)

  • Guru menyapa peserta didik dan menanyakan kesiapan belajar
  • Guru mengajukan pertanyaan pemantik untuk mengantarkan materi
  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (70 menit)

  • Langkah 1 (15 menit)
    • Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
    • Setiap kelompok diberikan sebuah proyek untuk diselesaikan
    • Proyek tersebut harus menggunakan konsep ekspresi dan operasi logika
  • Langkah 2 (30 menit)
    • Setiap kelompok bekerja sama untuk menyelesaikan proyek
    • Guru berkeliling untuk memantau dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
  • Langkah 3 (20 menit)
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil proyeknya
    • Kelompok lain memberikan masukan dan saran

3. Penutup (10 menit)

  • Guru memberikan kesimpulan materi
  • Guru memberikan refleksi pembelajaran
  • Guru memberikan pengumuman pembelajaran selanjutnya

Refleksi Peserta Didik dan Pendidik:

  • Peserta didik menuliskan refleksi mereka tentang materi yang telah dipelajari
  • Guru menuliskan refleksi mereka tentang proses pembelajaran

Lembar Kerja Ekspresi dan Operasi Logika

Nama Kelompok:

Anggota Kelompok:

Proyek:

Tujuan:

Langkah-langkah:

  1. Brainstorming:
    • Diskusikan dengan anggota kelompok tentang proyek yang diberikan.
    • Tuliskan ide-ide kalian di papan tulis.
  2. Perencanaan:
    • Bagilah tugas kepada anggota kelompok.
    • Buatlah timeline untuk menyelesaikan proyek.
  3. Pengembangan:
    • Lakukan riset untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.
    • Gunakan informasi yang diperoleh untuk menyelesaikan proyek.
  4. Presentasi:
    • Siapkan presentasi untuk mempresentasikan hasil proyek.
    • Pastikan presentasi kalian menarik dan informatif.

Rubrik Penilaian:

KriteriaSkala LikertDeskripsi
Kemampuan menjelaskan konsep1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik)- Kemampuan menjelaskan konsep ekspresi dan operasi logika dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Kemampuan menggunakan operator logika1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik)- Kemampuan menggunakan operator logika untuk menyelesaikan masalah.
Kemampuan bekerja sama1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik)- Kemampuan bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan tugas.
Kreativitas1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik)- Kemampuan untuk menghasilkan ide-ide kreatif dalam menyelesaikan proyek.
Kualitas presentasi1 (Sangat Kurang) - 4 (Sangat Baik)- Kemampuan untuk mempresentasikan hasil proyek dengan menarik dan informatif.

Catatan:

  • Lembar kerja ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.
  • Guru dapat menambahkan kolom penilaian lain yang dianggap perlu.


Contoh LKPD

Proyek:

  • Merancang dan mengembangkan sebuah permainan edukatif yang mengaplikasikan konsep ekspresi dan operasi logika. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan aturan yang jelas dan mudah dipahami.

Langkah-langkah:

  1. Brainstorming:
  • Melakukan curah pendapat untuk menghasilkan ide-ide kreatif terkait permainan. Beberapa contoh ide permainan:
    • Permainan tebak-tebakan logis: Pemain mengajukan pertanyaan yang jawabannya hanya "ya" atau "tidak", berdasarkan operasi logika.
    • Permainan kartu logika: Pemain menggunakan kartu dengan simbol operator logika untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
    • Permainan papan logika: Pemain bergerak di papan permainan berdasarkan hasil operasi logika yang dilakukan.
  • Memilih ide permainan yang paling menarik, inovatif, dan edukatif.
  1. Perencanaan:
  • Membagi tugas kepada anggota kelompok secara efektif:
    • Desainer: Merancang tampilan dan estetika permainan.
    • Pengembang aturan: Menyusun aturan permainan yang logis dan konsisten.
    • Pembuat alat peraga: Mewujudkan desain permainan menjadi bentuk fisik yang menarik.
  • Membuat timeline yang realistis dan terstruktur untuk menyelesaikan proyek dengan efisien.
  1. Pengembangan:
  • Melakukan riset dan pengumpulan informasi terkait konsep ekspresi dan operasi logika untuk memastikan akurasi dan edukasi dalam permainan.
  • Mengembangkan permainan berdasarkan ide yang telah dipilih dengan memperhatikan aspek edukasi, estetika, dan fungsionalitas.
  • Melakukan pengujian dan penyempurnaan permainan untuk memastikan kelancaran dan keseruan dalam bermain.
  1. Presentasi:
  • Menyiapkan presentasi yang informatif dan menarik untuk mempresentasikan hasil proyek.
  • Menjelaskan konsep ekspresi dan operasi logika yang terintegrasi dalam permainan.
  • Mendemonstrasikan cara bermain permainan dengan jelas dan sistematis.

Pengayaan dan Remedial:

  • Pengayaan:
    • Peserta didik diberikan tugas tambahan untuk mempelajari lebih lanjut tentang ekspresi dan operasi logika
  • Remedial:
    • Peserta didik yang belum memahami materi diberikan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran remedial

Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta Didik:

Glosarium:

  • Ekspresi logika: Kombinasi dari operand (nilai boolean) dan operator logika.
  • Operator logika: Simbol yang digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih operand boolean.
  • Tipe data boolean: Tipe data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu true (benar) dan false (salah).

Daftar Pustaka: